YANG UTAMA PENDAMPINGAN PROSES BELAJAR

Yang paling utama dalam pendidikan adalah pendampingan dalam proses belajar. Di luar itu adalah kurang penting. Maka gagasan bahwa menerima hasil belajar adalah sama dengan harus melunasi keuangan sekolah, sebenarnya juga bukanlah sesuatu yang pas. Karena antara menerima hasil belajar dan biaya pendidikan adalah hal yang berbeda. Maka tidak perlu berpikir bahwa membayar dahulu baru rapotan. Demikian kata Br. Yustinus Wahyu Bintarto, FIC, dalam pengantar pertemuan dengan orang tua/wali siswa kelas X, Jumat (29/9), di SMA Pangudi Luhur “St. Louis IX” Sedayu, Bantul.

 

Meski demikian, bukan berarti siswa tidak perlu membayar biaya pendidikan. Untuk operasional sekolah tetap memerlukan ongkos pendidikan. Bagi yang belum bisa melunasi, tentu ada cara untuk melunasinya dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengkomunikasikan keberatan yang terjadi kepada wali kelas.

 

Dalam hal materi pertemuan, Br. Yustinus Wahyu menyebut ada perubahan dalam hal kurikulum. Perubahan kurikulum ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam proses belajar-mengajar. Dalam hal kesiswaan aka nada informasi mengenai bakat, minat dan kepribadian peserta didik. Juga perlu disiapkan beberapa hal terkait masa depan siswa-siswi. Dalam hal hubungan dengan orang tua/wali siswa, sekolah berharap banyak keterlibatan orang tua/wali siswa dalam Komite Sekolah. Keaktifan komite sekolah akan mendorong perkembangan sekolah menjadi lebih baik.

Share this Post