SMA PANGUDI LUHUR SEDAYU
SMA PL St. Louis Sedayu - Jl. Wates Km 12 Sedayu Yogyakarta  Telp. (0274) 4546765 Fax. (0274) 4546766
Rabu, 01 Desember 2021  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 




18.08.2021 08:55:13 30x dibaca.
ARTIKEL
Workshop Joyfull Learning

PEMBELAJARAN DARING HARUS MENYENANGKAN SEMUA PIHAK

 

Pembelajaran secara daring takkan menyenangkan jika guru tidak merasa senang. Pembelajaran yang menyenangkan hanya akan terjadi jika guru memiliki pola pikir yang positif. Pembelajaran akan menyenangkan jika model, metode dan media yang digunakan sesuai. Sehingga baik siswa mau pun pengajarnya merasa senang. Demikian diungkapkan oleh Monica Ella Harendita, dosen Universitas Sanata Dharma,  seminar online “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Joyful Learning dan Model Pembelajaran Joyful,” Senin (9/8), yang diikuti oleh guru-guru SMA Pangudi Luhur “St. Louis IX”Sedayu, Bantul.

 

Sebenarnya model pembelajaran joyful learning lebih ditujukan kepada siswa-siswa tingkat bawah. Namun bisa juga diadaptasi dan diadopsi pada pendidikan tingkatan yang lebih tinggi. Karena jika proses pembelajaran terjadi secara menyenangkan, maka akan meningkatkan motivasi dalam belajar. Jika motivasi dalam belajar meningkat, akan meningkatkan pula pencapaian. Beberapa model pembelajaran yang bisa disebutkan adalah discovery learning, project base learning, problem base learning, PPP, cooperative learning, ceramah dan inquiry base learning. Dari daftar ini, istilah yang banyak digunakan adalah learning, bukan teaching. Artinya pembelajaran mendorong peserta didik untuk aktif  dan interaktif, tidak berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa.

 

Monica Ella melihat, kadang guru merasa dongkol, karena seperti berbicara pada benda mati. Apa lagi jika  dalam pembelajaran online kamera dimatikan. Namun juga harus disadari bahwa yang diajar, tidak semuanya memiliki rejeki yang mencukupi. Mungkin siswa tersebut sedang menghemat kuota. Namun bisa juga karena pembelajaran membosankan, yaitu ketika guru hanya memberi materi satu arah. Namun ada juga sisi baiknya. Yaitu kesempatan untuk perbaikan diri. Siswa yang mengikuti pembelajaran online bosan karena mungkin penyajiannya tidak menarik.  Perlu juga disadari oleh guru bahwa aplikasi media yang lebih canggih, belum tentu lebih baik dari yang lain yang lebih sederhana. Karena ada factor lain yang berpengaruh, yaitu bagaimana pendekatan guru kepada siswa.





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 54.227.97.219 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR SEDAYU
 © 2021  http://smaplsedayu.sch.id/